Hallo pada blog kali ini saya akan menjelaskan mengenai error handling di dalam java, dan pada blog kali ini saya akan memberikan contoh program mengenai error pada perhitungan volume balok jika pengguna menginput nilai panjang atau lebar atau tinggi yang kurang dari 1(nilai 0 atau negatif), sebelumnya mari kita pahami terlebih dahulu apa arti exception. 

                Saat menjalankan program dan java tidak mendeteksi ada operasi yang tidak mungkin untuk dilakukan maka akan muncul runtime error ketika program di eksekusi, atau sebagai contoh jika kita memasukkan nilai desimal pada program yang meminta pengguna untuk menginput integer maka program akan memunculkan suatu runtime error dan runtime error inilah yang akan dilemparkan sebagai exception. Selanjutnya bagaimana cara mengatasinya???? Pada java sudah disediakan beberapa fitur untuk handling exception ini ,yaitu  secara built-in dalam bentuk keyword try, catch, dan finnally. Bahasa pemrograman Java juga memungkinkan kita semua untuk membuat exception yang baru dan melemparnya dengan menggunakan keyword throw dan throws.

                Berikut merupakan contoh source code handling exception pada program menghitung volume balok apabila pengguna menginput nilai panjang atau lebar atau tinggi yang kurang dari 1


BERIKUT OUTPUTNYA


        

Komentar

Postingan populer dari blog ini